TUGAS MARTIKULASI KKPI
( Simulasi Visusual)

Kelompok 4
Kelas
1.
Nurdin
Cahaya Abadi XI TKR
2
2.
Raafi
Dimas M. XI TKR 2
3.
Rahmat
Fauzi XI
TKR 2
4.
Rendi
Mardianes XI TKR 2
5.
Reza
Fahrizal
XI TKR 2
6.
Rizky
Edwinsyah
XI TKR 2
7.
Sabarudin
XI
TKR 2
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan
Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan Hinayahnya
sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dalam bentuk maupun
isinya yang sangat sederhana. Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai
salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam administrasi pendidikan
dalam profesi keguruan.
Harapan saya semoga makalah
ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga
saya dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga kedepannya dapat
lebih baik.
Makalah ini saya akui masih
banyak kekurangan karena pengalaman yang saya miliki sangat kurang. Oleh kerena
itu saya harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang
bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Rumah Belajar merupakan
salah satu produk kemdikbud dalam upaya mengembangkan sistem pembelajaran jarak
jauh yang memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer dan/atau Internet
yang biasa disebut dengan e-learning.
Salah satu fitur yang
terdapat pada portal Rumah Belajar adalah Kelas Maya. Kelas Maya adalah sebuah
fitur yang merupakan perwujudan dari sistem pembelajaran berbasis e-learning
yang dikembangkan oleh kemdikbud. Oleh karena itu, fitur Kelas Maya merupakan
fitur unggulan pada portal Rumah Belajar sekaligus menjadi inti dari portal
Rumah Belajar itu sendiri yakni untuk menyelenggarakan sistem pendidikan
berbasis e-learning.
2.1 RUMUSAN MASALAH
1. Apa yang dimaksud kelas maya ?
2. Apa aplikasi pendukung kelas maya ?
3. Bagaimana pemanfaatan social learning network
?
3.1 TUJUAN
Agar para pembaca
senantiasa mendapatkan informasi dan pengetahuan tentang kelas maya
BAB II
PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN KELAS MAYA (VIRTUAL CLASS)
Pengertian dari kelas
virtual sendiri adalah kelas yang diadakan tanpa tatap muka secara langsung antara
pengajar dan yang menerima bahan ajar. Kelas virtual berhubungan langsung
dengan internet. Dimana pengajar menyediakan sebuah forum kepada para penerima
bahan ajar dan melakukan diskusi seperti kegiatan belajar mengajar dikelas.
Yang membedakan kelas virtual
dengan kelas biasa sobat, yaitu adanya pembatasan berkomunikasi, karena jelas
beda berdiskusi secara langsung dengan berdiskusi secara tidak langsung.
Dalam kelas maya dapat
diketahui kemajuan proses belajar, yang dapat dipantau baik oleh guru, siswa
maupun orang tua. Selain digunakan untuk proses pendidikan jarak jauh, system
tersebut juga dapat digunakan sebagai penunjang kelas tatap muka.
B. APLIKASI PENDUKUNG KELAS MAYA
Aplikasi pendukung kelas maya dapat dilakukan menggunakan berbagai aplikasi antara lain sebagai berikut :
1. Learning Management System
1. Learning Management System
LMS atau yang lebih dikenal
dengan Learning Management System adalah suatu perangkat lunak atau software
untuk keperluan administrasi, dokumentasi, laporan sebuah kegiatan, kegiatan
belajar mengajar dan kegiatan secara online (terhubung ke internet), E-learning
dan materi-materi pelatihan. Dan semua itu dilakukan dengan online.
2. Learning Content Management System
2. Learning Content Management System
Aplikasi komputer yang
digunakan untuk membuat, memperbaharui, mengelola atau mempublikasikan isi
dalam sebuah sistem yang teroganisir dan konsiten yang bisa diakses dari
intranet di jaringan lokal atau internet.. LCMS digunakan untuk menyediakan,
mengawasi, memperinci dan mempublikasikan dokumen-dokumen spesifik seperti
artikel, manual operator, manual teknis, panduan penjualan dan brosur
penjualan. Sebuah LCMS dapat berisi file komputer, gambar, audio, video,
dokemen elektronik dan isi website.
3. Social Learning Network
(SLN)
SLN adalah jejaring social
untuk pembelajaran yang terjadi pada skala yang lebih luas daripada kelompok
belajar. Menginggal skala sosialnya yang lebih besar, media ini bagi sebagian
peserta dapat menyebabkan perubahan sikap dan perilaku, sedangkan bagi sebagian
yang lain tidak menimbulkan dampak apa-apa.
C. PEMANFAATAN
SOCIAL LEARNING NETWORK
1. Pemanfaatan pada jejaring sosial Edmondo
Edmodo adalah program
jejaring sosial untuk guru, siswa dan orang tua yang berbasis sekolah.
Sebenarnya program jejearing sosial ini telah dikembangkan mulai September 2008
oleh Nicolas Borg dan Jeff O’Hara. Edmodo merupakan representasi institusi
virtual yang berkantor pusat di San Mateo, California.
Kenapa harus Edmodo ?
Kenapa harus Edmodo ?
Karena Edmodo
merupakan jejaring sosial yang dapat diakses dimana saja asal ada internet,
aplikasinya gratis, interfacenya mirip facebook(familiar dengan dunia anak saat
ini), support sistemnya bagus dan tersedia dalam beberapa bahasa diantaranya
Bahasa Inggris, Spanyol, Portugis, Belanda, Yunani dan Perancis.
Keunggulan Edmodo, antara lain menyediakan fasilitas yang mudah dan aman dalam mengembangkan kelas sesuai dengan keinginan, memberi kesempatan terjadinya pembelajaran sesuai karakteristik murid yang berbeda secara personal, dan menyediakan sarana komunikasi bagi guru,siswa dan orang tua/wali murid secara personal.
Keunggulan lainnya adalah Edmodo akan memudahkan guru, siswa dan orang tua dalam berbagai ide /gagasan, berbagi file, penugasan PR, penilaian, kuis/ulangan, polling, diskusi, mengingatkan tugas dll.
Keunggulan Edmodo, antara lain menyediakan fasilitas yang mudah dan aman dalam mengembangkan kelas sesuai dengan keinginan, memberi kesempatan terjadinya pembelajaran sesuai karakteristik murid yang berbeda secara personal, dan menyediakan sarana komunikasi bagi guru,siswa dan orang tua/wali murid secara personal.
Keunggulan lainnya adalah Edmodo akan memudahkan guru, siswa dan orang tua dalam berbagai ide /gagasan, berbagi file, penugasan PR, penilaian, kuis/ulangan, polling, diskusi, mengingatkan tugas dll.
Fasilitas yang akan didapat
seorang guru di Edmodo antara lain guru dapat mendesain kelas secara online
sesuai keinginan, setiap kelas memiliki kode kelas yang unik(tiap kelas bisa
dibuat berbeda), mengendalikan siapa saja yang boleh bergabung, berkomentar/
berpesan ke kelas, perorangan secara spesifik/individual, memberikan tugas,
menanggapi dan menilai tugas yang telah dikerjakan, membuat kuis/ulangan
interaktif, melakukan polling, membentuk kelompok-kelompok kecil, berkomunikasi
secara personal, berkolaborasi dengan guru lainnya
Sedangkan fasilitas
yang didapatkan untuk orang tua adalah mampu mengamati semua aktifitas anaknya
di edmodo, berkomunikasi dengan guru anaknya,mengetahui perkembangan anaknya,
hanya bisa berkomunikasi dengan guru dan anaknya.
Bahkan untuk siswa juga akan mendapatkan fasilitas memperoleh kelas yang aman dan nyaman untuk belajar, melihat jadwal kegiatan yang harus dilakukannya, mendownload materi, buku dan berbagai sumber yang disediakan, mengerjakan tugas, melihat komentar dan nilai dari tugas yang diberikan, berpartisipasi dalam diskusi kelompok, memberikan pendapat pada jajak pendapat, mengakses kelas dimana saja selama terkoneksi dengan internet (dimanapun ia berada).
Namun kekurangan pada edmodo adalah yang pertama, Edmodo tidak terintegrasi dengan jenis sosial media apapun, seperti facebook, twitter atau google plus. Padahal pada saat sekarang ini, hampir setiap website terintegrasi dengan media sosial supaya penggunanya dapat berbagi (sharing), yang kedua “Languange” penggunaan bahasa program yang masih berbahasa inggris sehingga terkadang menyulitkan guru dan siswa, dan yan g ketiga Video Conference belum tersedia, hal ini cukup penting untuk berinteraksi dengan siswa jika guru tidak bisa hadir secara langsung di ruang kelas.
Bahkan untuk siswa juga akan mendapatkan fasilitas memperoleh kelas yang aman dan nyaman untuk belajar, melihat jadwal kegiatan yang harus dilakukannya, mendownload materi, buku dan berbagai sumber yang disediakan, mengerjakan tugas, melihat komentar dan nilai dari tugas yang diberikan, berpartisipasi dalam diskusi kelompok, memberikan pendapat pada jajak pendapat, mengakses kelas dimana saja selama terkoneksi dengan internet (dimanapun ia berada).
Namun kekurangan pada edmodo adalah yang pertama, Edmodo tidak terintegrasi dengan jenis sosial media apapun, seperti facebook, twitter atau google plus. Padahal pada saat sekarang ini, hampir setiap website terintegrasi dengan media sosial supaya penggunanya dapat berbagi (sharing), yang kedua “Languange” penggunaan bahasa program yang masih berbahasa inggris sehingga terkadang menyulitkan guru dan siswa, dan yan g ketiga Video Conference belum tersedia, hal ini cukup penting untuk berinteraksi dengan siswa jika guru tidak bisa hadir secara langsung di ruang kelas.
BAB III
PENUTUP
1.4 KESIMPULAN
Kelas Maya adalah kelas yang diadakan tanpa tatap
muka secara langsung antara pengajar dan yang menerima bahan ajar. Aplikasi
pendukung kelas maya : Learning Management System,
Learning Content Management System, dan Social Learning Network (SLN).
Pemanfaatan social learning network yaitu
Pemanfaatan pada jejaring sosial Edmondo. Edmodo adalah program jejaring sosial untuk guru, siswa dan orang tua yang
berbasis sekolah.
1.5 SARAN
Jadi dengan mempelajari kelas maya kita dapat mengetahui kemajuan proses belajar, yang dapat dipantau
baik oleh guru, siswa maupun orang tua. Selain digunakan untuk proses
pendidikan jarak jauh, system tersebut juga dapat digunakan sebagai penunjang
kelas tatap muka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar